MAKAN MENGGUNAKAN TANGAN KANAN & SISIH JARI Dari Abdullah bin ‘Umar radhiallahu anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘ alai...

0 Comments
MAKAN MENGGUNAKAN TANGAN KANAN & SISIH JARI


Dari Abdullah bin ‘Umar radhiallahu anhuma bahwa Rasulullah shallallahualaihi wasallam bersabda:
إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِيْنِهِ، وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِيْنِهِ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ
Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika dia minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya pula.”
(HR. Muslim no. 2020)


uMenurut artikel yang diterbitkan dalam paparetta.wordpress.com pada Oktober 2010 lalu, makan menggunakan tangan terbukti lebih menyihatkan kerana dalam tangan terdapat enzim RNAse yang dapat mengikat bakteria sehingga tingkat aktivitasnya sangat rendah ketika masuk bersama makanan ke saluran pencernaan tubuh.

uSebelum makan dengan tangan, kita harus mencuci tangan dengan air mengalir. Mencuci tangan memang tidak dapat membunuh seluruh kuman di tangan, namun dapat mengurangi jumlahnya.

uTidak semua kuman di tangan bersifat jahat, ada juga kuman yang tidak mengganggu proses pencernaan sehingga tidak perlu membunuh semua kuman di tangan. Jangan lupa menggunakan sabun saat mencuci tangan agar hasilnya lebih optimal.






You may also like

No comments: